PENGENALAN TENTANG IDEALISM MUSIC ELEMENTER ROCK

Atack Atack ! VS Atack ! Atack !

Attack Attack! vs Attack! Attack!
sepintas memang tidak ada perbedaan, namun lihat pada tanda seru-nya.
Pertama kali, saya mengira bahwa sama saja, satu tanda seru atau dua tanda seru.
Ternyata kedua-duanya merupakan band yang cukup mantap!!
Meskipun memiliki aliran yang berbeda, dan saya akan membahas kedua band ini.
Attack Attack!


Merupakan sebuah band Metalcore asal Westerville, Ohio, Amerika Serikat yang terbentuk pada tahun 2005.
Saat ini mereka tergabung dalam sebuah label, Rise Records.
Meskipun liriknya mengandung tentang ajaran Kristiani, namun mereka tidak mau disebut sebagai Christian Band.

2005-2008 : Formasi awal dan Someday Came Suddenly
Attack Attack! pertama kali dibentuk oleh Austin Charlile, Ricky Lortz, Andrew Whiting, Nick White dan Andrew Wetzel sebagai band Metalcore murni.
Beberapa bulan kemudian Nick White mengumumkan keluar dari band dan digantikan oleh John Holgado pada posisi bass.
Di awal 2008, mereka merilis sebuah album EP berjudul If Guns are Outlawed, Can We Use Swords?
Kemudian mereka bergabung dengan Rise Records pada Juni 2008.
Yang kemudian meluncurkan album Someday Came Suddenly pada akhir 2008.
Album ini berhasil menempati peringkat 25 pada Billboard Independents Albums chart, dan posisi 193 pada Billboard 200 chart, dan terjual sebanyak 3600 copy pada minggu pertama.

2008 : Keluarnya Austin
Ketika menjadi band pendukung Maylene and the Sons of Disaster, Austin Charlile sebagai sang vokalis memutuskan keluar akibat adanya kesalahpahaman dan digantikan oleh Nick Barham yang juga vokalis band For All we Know.
Di tahun 2009, untuk album Punk Goes... ke delapan, Attack Attack! menyanyikan lagu Katy Perry yang berjudul 'I Kissed a Girl' dengan Austin sebagai vokalis sebelum ia meninggalkan band.
Kemudian Attack Attack! mlakukan tour bersama Escape the Fate, William Control, Burn halo dan Black Tide di awal 2009.
Mereka juga menjadi bagian dalam Warped Tour season 2009.
Mereka juga menyanyikan lagu untuk sebuah organisasi non profit bernama Music Saves Lives, dimana para penggemarnya dapat mendonorkan darahnya.

2009-2010 : Keluarnya Nick Barham hingga sekarang
Mereka merilis video berjudul 'Stick Stickly' dalam MTV2, Headbangers Ball.
2 video mereka telah dibuat, satu mereka rilis di MySpace mereka dan satunya lagi merupakan sebuah video live 'Dr. Shavargo part.3' yang bisa didapat via online.
Pada 19 Oktober 2009, sang vokalis Nick Barham keluar dan digantikan oleh Caleb Shomo.
Mereka baru saja menyelesaikan tour bersama I Set My Friends on Fire, Miss May I, Our Last Night, dan the Color Morale sebagai bagian dalam 'Shred Til Your Dead' tour.
saat ini, mereka sedang getol dengan lagu berjudul 'Sexual man Chocolate' dalam jadwal tour mereka.
Rencananya tahun ini mereka mengeluarkan album berjudul Shazam, kita tunggu saja.

Anggota band Attack Attack!
Caleb Shomo - Lead Vocals, Synthesizers, keyboards
Johny Franck - Clean Vocals, rythm Guitar
Andrew Whiting - Lead Guitar
John Holgado - Bass Guitar
Andrew Wetzel - Drummer

Attack! Attack!


Merupakan sebuah band yang berasal dari Caerphily, Wales.
Berdiri sejak tahun 2006 dan beraliran Alternative, Power Pop dan Pop Punk.

Mereka sempat menjalani tour dengan band-band terkemuka dari Wales lainnya, seperti The Blackout, Funeral for A Friend, bahkan Lostprophets.
Band ini dibentuk oleh Neil Starr yang berasal dari band Dopamine bersama Ryan Day.
Kemudian datang Will Davies dari band Adequate Seven.
Dan terakhir adalah Mike Griffiths pada drum.
Salah satu lagu mereka, 'You and Me' menjadi salah satu pengisi dalam game Guitar Hero 5.

Download Attack! Attack! - You and Me Mp3

Anggota band :
Neil Starr - Lead Vocals, guitar
Ryan Day - Guitar, vocals
Will Davies - Bass
Mike Griffiths - Drums

Discography Album :
- Attack! Attack! (2008)

Single :
- This Is A Test (2008)
- Too Bad Son (2008)

Semoga bermanfaat. :)

Diposkan oleh Eric Setyo Nugroho di 01:17

Label: Lobos Lullaby

Asking Alexandria

asking alexandria



Asking Alexandria adalah lima-sepotong Inggris post-hardcore band dari York, Inggris. Band ini memiliki akar di Dubai, UAE, dimana gitaris Ben Bruce memulai band di bawah nama EndofReason. Setelah rekaman album yang belum pernah dirilis berjudul Ironi Kesempurnaan Anda, band ini berganti nama menjadi Meminta Alexandria sebelum menyebutnya sehari.

Ben kemudian pindah kembali ke Inggris, dan beberapa tahun tanpa sebuah band, ia mulai segar dengan anggota baru, meskipun menjaga nama Alexandria. Ben telah menyatakan pada band MySpace-blog bahwa ia adalah penemu nama, bahwa ia masih menyukainya pada waktu dan makna / alasan di balik nama masih tetap, dan karena itu memutuskan untuk melakukan itu di.

Ben juga membuat pernyataan emphesised di posting blog yang sama bahwa Asking Alexandria saat ini bukan band yang sama yang menulis The Ironi Kesempurnaan Anda, baik dalam gaya maupun anggota.

Album debute Asking Alexandria Stand Up Dan Scream dirilis pada September 2009 15 melalui Sumeria Records dan mereka saat tur AS dengan Alesana, The Bled, Enter Shikari dan Broadway dalam dukungannya. Mereka juga harus dilihat pada tur sekali lagi di AS dengan Evergreen Terrace, Untuk Dreams Fallen dan Unholy pada bulan Oktober dan November.

Members.
1. Danny Worsnop – Vocals.



danny worsnop

2. Ben Bruce – Guitar.

ben bruce



3. Camron Liddell – Guitar.

camron liddell



4. Sam Bettley – Bass.

sam bettley



5. James Cassells – Drums.

james cassells

Bring Me The Horizon

aha!!!
akhirnya ketemu juga!!
aku cari kemana-mana nih profile band...
eh tapi, banyak yang berbahasa inggris.
iiah...sedikit tak artikan c...
tapi.. yang ini fersi ku sendiri.
walaupun kurang lengkap emang. aku c, sampai sekrang masih belum tau gimana ceritanya mereka bisa membentuk sebuah grub band keren mereka ini!!
tapi, kalo masalah personil, band dari mna?? Saya sudah tau!!
dan inilah penjelasan selengkap nya....


bring me the horizon

Band ini...lahir di kota inggris. Mereka di indonesia memang tidak setenar MCR or Avenged Sevenfold. Tapi, kalo soal musik, mereka mantap sekali membawakan musik yang alirannya adalah metal. (ya....I love this!!) Tapi anehnya, mereka sudah pernah konser di berbagai negara loh...(kenapa Indonesia gg coba???)

mmm... oh yah!! nih band di gawangi oleh 5 personil. Dan aku masih belum tau ini personil lama apa udah ada yang ganti. Tapi setahuku..
sebagai berikut!!

Oliver Sykes (vocal)
Mettew Nicholls (drum)
Lee Malta (guitar)
Mat Kean (bass)
Curtis Word (guitar)

nah...akhirnya kelas juga!! Doakan sja... BRING ME THE HORIZON ini, supaya terkenal terus kamu-kamu semua biar pada bisa ngerasain kehebatan musiknya BRING ME THE HORIZON

Alesana


Kira-kira sekitar awal tahun 2007-an, saya ga sengaja di kasih video klip Alesana yang judulnya Ambrosia. Padahal sebelumnya saya belum pernah dengar nama band atau lagunya dari band yang satu ini. Pertama kali liat video klipnya saya terheran sekali, awalnya dikira musik pop / kalem. Setting tempat nya aja di taman dan dengan hiasan bunga-bunga yang ada disekitar itu. Tapi ternyata teriakannya ngagetin orang sekampung (kalau distel high volume) haha. Ga nyangka, dengan aliran musik kayak gitu ternyata sekarang penggemar Alesana makin banyak aja, termasuk Indonesia.

Genre / aliran asli alesana sendiri adalah post-hardcore, namun banyak yang menyebutkan bahwa Alesana sebagai icon musik emo dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Tapi yang jelas mereka menciptakan lirik lagu yang dalam.

Kalau kalian perhatiin, mereka mempunyai khas dan keunikan tersendiri dalam bermusik terutama kombinasi vokal. Suara kalem yang bermelodi seperti kebanyakan alternative music, dipadukan dengan teriakan nyaring. Serta ada juga growl / teriakan seperti yang sering kita dengar di musik hardcore.

Alesana (sebenarnya di ambil dari kata alice-anna) band yang beraliran post-hardcore yang berasal dari Raleigh, North Carolina, USA pastinya. Berdiri sejak tahun 2004. Karya yang udah mereka buat satu EP, 7 compilations, dan 2 full album, dan satu cd produced tour.

Personil / nama anggota band :
* Dennis “Denny Diablo” Lee – Screaming vocals (2004-present)
* Shawn Milke – Vocals, Guitar, Piano (2004-present)
* Patrick “Peezee” Thompson – Lead guitar, Backing vocals during live performance (2004-present)
* Jeremy “Jables” Bryan – Drums (2005-present)
* Shane Crump – Bass guitar, Vocals (2007-present)
* Jake Campbell – Rhythm guitar (2008-present)

Grunge

Grunge (kadang-kadang disebut juga Seattle sound) adalah sebuah sub genre dari rock alternatif yang muncul pada pertengahan 1980-an di negara Amerika Washington, khususnya di wilayah Seattle. Terinspirasi oleh punk rock, heavy metal dan indie rock, grunge umumnya dikenali melalui suara distorsi gitar yang berat dan lirik melankonis atau apatistik.




Gerakan awal grunge mulai terlihat pada akhir tahun 1980-an di sekitar Seattle melalui label independen Sub Pop. Grunge menjadi sukses secara komersial pada paruh pertama tahun 1990-an, terutama karena dirilisnya Nevermind oleh Nirvana dan Ten oleh Pearl Jam. Keberhasilan band-band ini meningkatkan popularitas rock alternatif dan membuat grunge menjadi bentuk musik yang paling populer pada waktu itu. Namun, banyak band grunge tidak nyaman dengan popularitas. Meskipun banyak band grunge yang bubar atau menghilang dari pada akhir 1990-an, pengaruh mereka terus memiliki dampak bagi perkembangan musik rock modern selanjutnya.

Grunge adalah suatu musik yang menceritakan tentang luapan yang ada di dalam diri, atau menceritakan tentang kisah hidup yang tak bisa dilupakan.
grunge image

Heavy Metal

Nama Heavy metal digagas oleh Band Hard Rock Tahun 60'an Steppenwolf, dalam lagu mereka yang berjudul 'Born To Be Wild' (ada di baris kedua bait kedua).

"I like smoke and lightning Heavy metal thunder Racin' with the wind And the feelin' that I'm under".

Tapi istilah itu belum dipakai secara tepat sampai pada tahun 1970, ketika Black Sabbath merilis album debut album mereka yang berjudul ' Black Sabbath'.

Dari tahun 1960-an atau bisa disebut Blues Rock seperti Led Zeppelin, AC/DC Classic metal dan disekitar 60an sampai 70'an atau disebut Classic Rock seperti Black Sabbath, Blue Oyster Cult, Deep Purple, Alice Cooper. Permainan Classic metal. Musiknya dikendalikan olehriff yang lebih bluesy. Remon666 21:13, 13 Maret 2011 (UTC)
Evolusi musik

Berikut beberapa jenis metal lagi:
70'an

Heavy Metal awal 70'an digawangi oleh band-band seperti Led Zepplin, Black Sabbath, dan Deep Purple, Heavy Metal pada era tersebut masih dipengaruhi oleh elemen Blues yang kental. Judas Priest mengembangkan genre ini dengan menghilangkan unsur blues dan lebih mengandalkan distorsi, beat yang lebih cepat, dan harmoni. Pada akhir 70'an munculah New Wave oF British Heavy Metal yang dipelopori Motorhead, NWOBHM menggabungkan Punk dan Heavy Metal. Band-band NWOBHM lainya adalah Iron Maiden, Saxon, Venom, Diamond Head, dan lain lain
Awal 80'an

Awal era 80'an Di gawangi oleh band-band NWOBAM seperti Motörhead, Iron Maiden, Venom dan Diamond Head. Heavy Metal akhirnya bertabrakan dengen musik Pop hal ini memunculkan genre yang disebut Glam Metal, Glam Metal berhasil menerobos chart-chart papan atas, hal ini menyebabkan Heavy Metal lebih tersebar cepat di seluruh dunia
Underground Metal: 1980, 1990, dan 2000-an
Thrash metal dan Speed metal Tempo lagu sangat cepat yang diusung oleh gitaris yang memainkan gitar rhytm Downstroke pada Thrash metal oleh band-band seperti Metallica, Megadeth, Slayer dan Anthrax yang dijuluki Big Four Of Thrash. Di San Francisco ada Testament dan Exodus di New Jersey ada Overkill dan Sepultura dari Brazil. Sedangkan Speed metal dimainkan lebih cepat sangat-sangat cepat dan bertenaga seperti Motörhead (akhir-akhir), Iron Angel, Anthrax. Sedangkan musik Thrash metal yang berasal dari Eropa adalah seperti, Kreator dan Destruction, keduanya dari negara Jerman.
slayer band thrash metal tampil pada tahun 2007
metalica thrash metal

Pada tahun 1990'an, underground ini lebih memasuki ke Extreme metal seperti Grindcore dipelopori oleh Napalm Death dan Brutal Truth, berkembang pada 1991 menjadi Death metal Scandinavia oleh Entombed, Dismember, Unleashed, dan At The Gates. Melodic Death metal yang berasal dari Gothenburg Swedia lalu berkembang di Finlandia dan Norwegia oleh band-band seperti Arch Enemy, Dark Tranquillity, Disessction. Kemudian ada istilah yang digunakan yaitu, Techical metal di pioniri oleh Cynic, Atheist, Meshuggah, Death. Progressive Death metal yang mungkin lebih cenderung ke visualisasi dan banyak menggunakan Tradisional pun dimaklumi, Pionirnya adalah Opeth, Pestilence, Death, Novembre dan mungkin Progressive metal oleh Dream Theater, Queensryche, dan Fates Warning.
Black metal
!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Black metal

Aliran ini muncul sekitar awal dan pertengahan tahun 1980-an, yang diprakarsai oleh band-band cadas seperti Venom, Hellhammer, Celtic Frost, dan Bathory. Pada akhir 80-an band Mayhem dan Burzum mengarah kedalam black metal gelombang kedua.
Power metal
!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Power Metal

Power Metal adalah genre ini lebih bersemangat dan vokalis genre ini kebanyakan di pengaruhi oleh Rob Halford dan Bruce Dickinson band-band genre ini kebanyakan dari Eropa. Misalnya, Europe (Swedia), Iron Maiden (U.K), Helloween (Jerman).
Doom Metal dan Gothic metal
!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Doom metal dan Gothic metal

Doom Metal adalah aliran yang lebih mengutamakan penekanan lirik, dengan tempo yang dibawah rata-rata subgenre Extreme Metal lainya aliran ini terinspirasi oleh Black Sabbath era pertama, band yang termasuk aliran ini contohnya adalah Saint Vitus, Obsessed dan Candlemass. Gothic Metal adalah evolusi Doom Metal, awal genre ini adalah munculnya band-band Death/Doom dari inggris yaitu My Dying Bride, Paradise Lost, Anathema, band Gothic Metal sekarang banyak mengandalkan harmoni antara vocal pria dan wanita (kadang-kadang dengan growl).
90'an

Pada era 90'an musik Heavy Metal mulai digoyang oleh munculnya kekeuatan Alternative Rock khususnya Grudge, band-band Glam Metal pada era 80'an mengalami penurunan popularitas, publikasi pada saat tersebut mentitik beratkan pada Grudge. Sementara itu band-band seperti Metallica, Pantera, Tool, White Zombie dan Megadeth menjadi ujung tombak keberadaan musik metal saat tersebut.
Alternative metal

Alternative metal adalah salah satu subgenre metal yang paling populer di awal 90'an. ketika popularitas Glam Metal mulai tenggelam akibat kemunculan Grudge pada akhir 80an. Alternative Metal digunakan untuk mendeskripsikan band-band seperti Faith No More, Primus, Rage Against The Machine dan Jane's Addiction yang mengfusikan Heavy Metal dan Alternative Rock.

Selain itu ada Industrial metal yang diprakasai band seperti Ministry, Godflesh, Fear Factory dan Marilyn Manson. Industrial metal juga tumbuh pesat di Jerman. band seperti Rammstein ,Oomph!, Megaherz meraih popularitas yang cukup tinggi baik di negara asalnya dan juga dataran eropa.

Lalu ada Punk Metal atau Crossover Thrash adalah percampuran Trash Metal dengan element-element kental dari Hardcore Punk. Suicidal Tendecies, Stromtroopers of Death, Corrosion of Conformity dan Dirty Rotten Imbeciles adalah sebagian band yang mengusung genre ini.

Kemudian ada Groove Metal, adalah evolusi dari genre Trash Metal yang muncul awal 90'an genre ini digawangi oleh Pantera, Sepultura, White Zombie dsb.

Nu Metal, Genre alternative metal yang terakhir adalah metal modern yang bermain dengan nada Industrial. Banyak band-band dari Korn, Slipknot, Limp Bizkit, Deftones hingga Disturbed.
Grunge

Tahun 1990-an ketika wabah musik Grunge yang awalnya adalah percampuran kental antara Heavy Metal dan Post-Punk bahkan Hardcore bermunculan di Seattle, walaupun sedikit cenderung ke Alternative Metal. Band Grunge dari Seattle, seperti Nirvana, Soundgarden, Pearl Jam, dan Alice in Chains sebelum band itu ada sebenarnya pure grunge yang berbasis punk sudah ada oleh band-band seperti Malfunkshun dan Green River setelah itu ada Temple of the Dog Mad Season, Mudhoney sampai Melvins. Setelah kematian Kurt Cobain musik Grunge jarang datang lalu kembali di-ilhami dengan band-band seperti Skin Yard dan PJ Harvey. Jika suatu band memainkan musik Grunge tapi band itu bukan berasa dari Seattle. Nama yang dipakai bukanlah Grunge, tetapi Post-Grunge seperti L7, Stone Temple Pilots, Paw, Hole.
Perkembangan terkini

Metal di era 2000'an (sekarang) memiliki perbedaan yang cukup besar, dalam artian bahwa metal bisa berfusi dengan berbagai macam aliran. Sebagaimana diketahui para pelopor musik metal, penikmat musik metal disuguhi berbagai macam jenis metal dengan tempo yang harmonis dan dinamis. Beberapa aliran itu adalah Nu Metal,Symphonic Metal , Deathcore, Metalcore, Melodic Death Metal Folk Metal dan sebagainya.
Folk Metal

Folk Metal adalah fusi Heavy Metal dengan musik folk (musik daerah), aliran ini digawangi oleh band-band sepertik Korpiklaani, Skyclad, Ensiferum, Fiintroll, Turisas dsb.

Walaupun kebanyakan musik Folk Metal lebih banyak berkembang di Skandinavia, Folk Metal juga berkembang di timur tengah seperi Orphaned Land dan Melechesh
Melodic Death Metal

Melodic Death Metal sendiri berkembang pesat di Skandinavia, khususnya Gothenburg. Band-band seperti In Flames, At The Gates, Dark Tranquillity, Arch Enemy dan Soilwork. Selain di Skandinavia Melodic Death Metal juga berkembang di regional lain sperti Children of Bodom, Kalmah dan Norther (Finlandia),The Black Dahlia Murder, Darkest Hour and Himsa (Amerika Serikat), Switchblade, Daysend,Infernal Method (Australia),Disarmonia Mundi (Italy), Blood Stain Child (Japan) and Death Scythe (Mexico)


Deathcore

Deathcore berkembang sebagai turunan dari Death Metal dengan ciri khas lirik yang persis Death Metal, yaitu tentang kematian, neraka, setan, dan nuansa-nuansa mistik. Kebanyakan dari Death Metal adalah orang-orang atheis, sedangkan Deathcore kebanyakan adalah orang-orang agnostik.

Pada mulanya dipelopori oleh band-band seperti Dying Fetus, Suffocation dan Crytopsy dan sebagainya. Pada era 2000'an semakin banyak band deathcore yang bermunculan seperti Job For A Cowboy, The Red Chord, All Shall Perish Bring Me the Horizon dan lain-lain.

Deathcore sendiri cenderung bertempo cepat, hampir mirip aliran metal old school yang bersifat hancur-hancuran namun masih ada grip-grip yang melodian.
New Wave of American Heavy Metal

New Wave of American Heavy Metal (atau biasa disebut Metalcore) adalah gabungan dari Extreme dengan Hardcore. Genre ini muncul belakangan pada era pertengahan 90'an. New Wave of American Heavy Metal dipengaruhi oleh band-band seperti Machine Head, Pantera dan Biohazard.

Musik metalcore memiliki ciri khas berupa gitar stem drop D sampai C, kadang-kadang full scream, namun ada juga yang equalizer yang biasanya ada dalam reffrain lagu. Biasanya, metalcore dalam hal gitar ritmik tidak serumit death metal namun band-band metalcore kebanyakan bermelodi cadas dan rumit. Jika tidak bermelodi, biasanya ritmiknya yang rumit. Namun nada-nada metalcore tidak seperti death metal yang bernuansa seram, setan, neraka, dan sebagainya.

Band-band metalcore di dunia antara lain Bullet For My Valentine, Avenged Sevenfold, Lamb of God, Killswitch Engage, All That Remains, Darkest Hour, God Forbid, Shadows Fall, Trivium, Haste The Day, Walls Of Jericho,Unearth dan sebagainya
Mathcore

Mathcore adalah perkembangan dari Metalcore yang memiliki ritme yang kompleks dan memiliki progressivitas yang tinggi. band-band Mathcore banyak dipengaruhi band-band seperti Converge, Neurosis, Isis, dan The Dillinger Escape Plan. Band-band Mathcore yang baru-baru ini menuai popularitas adalah Protest The Hero, The Human Abstract dan lain sebagainya.

Hardcore Punk


Hardcore punk (kadang-kadang disebut Hardcore saja) merupakan salah satu subgenre dari punk rock yang berasal dari Amerika Utara dan UK diakhir tahun 1970-an. Sound baru ini yang merupakan ciri khas musiknya secara umum yaitu: suara gitar yang lebih tebal, berat dan cepat dari musik punk rock awal.[1] Tipikal lagu biasanya sangat pendek, cepat dan keras, selalu membawakan lagu tentang politik, kebebasan berpendapat, kekerasan, pengasingan diri dari sosial, straight edge, perang dan tentang sub-kultur hardcore itu sendiri.

Hardcore punk Indonesia

Musik Hardcore sudah eksis di Indonesia pada tahun akhir 1980-an. Dengan fenomena yang ada menyebabkan sebagian dari punker mulai melahirkan scene-scene hardcore punk. Sehingga musik hardcore di Indonesia sangat kental dengan warna punk.

Dikarenakan masih sangat sedikitnya scene hardcore maka scene terbagi menjadi dua kaum, yaitu kaum individu yang lebih suka menikmati musik hardcore dengan sosialisasi yang secukupnya dan kaum yang sangat suka bersosialisasi (membaur dengan komunitas punk). Hal ini terjadi sampai sekitar pertengahan tahun 1990-an. Tahun 90-an bisa dibilang tahun musik hardcore di Indonesia dan puncaknya pada akhir tahun 1990 ditandai dengan mulainya pertunjukan-pertunjukan di berbagai tempat menampilkan 100% band hardcore (yang sebelumnya selalu mencampur dengan band punk) dan kemudian musik hardcore mulai membaur dengan melodicore.

Dengan semakin banyaknya band hardcore bersamaan pula munculnya records D.I.Y yang menyalurkan kreatifitas band seperti pinball records dan ffgrecords. Di Indonesia kota Jakarta adalah kota yang memiliki banyak band hardcore, untuk di kota lain umumnya hardcore dibawa dan berkembang dari individu anak Jakarta yang kuliah di luar kota ataupun bekerja. Band Hardcore Jakarta antara lain adalah Anti Septic, Triple X, Straight Answer, Dirty Edge, Popcorn, Sugesti X, Secret Agent. Depok juga memiliki DC crew,biduan error: Thinking Straight dan juga band-band Depok lainnya yang mayoritas mengusung oldschool hardcore punk serta di daerah Menteng Jakarta Pusat yang dikenal dengan Taman Suropati banyak band-band pengusung hardcore punk seperti Speed Kill, Sing It, The Borstal, Snacky, Majesty, Naughty Sex Party, Headline dan masih banyak lagi.

Setelah era oldschool, hardcore amerika, hardcore oldscholl eropa ke newschool maka dimulailah hardcore yang didominasi dengan musik lebih kental musik metalnya seperti Jumbo Jet bahkan emo, hingga saat ini (tahun 2000-an).

Daftar Pemenang Grammy Awards 2011


Los Angeles - Eminem yang meraih 10 nominasi hanya membawa pulang dua piala Grammy Awards 2011. Lady Gaga dan Jay-Z mengantongi 3 piala. Kejutan muncul saat album 'The Suburbs' milik band Arcade Fire berhasil meraih piala untuk kategori paling bergengsi, Album of The Year.

Band indie asal Kanada itu berhasil mengalahkan Lady Gaga, Katy Perry, Eminem dan Lady Antebellum. Namun, Lady Antebellum juga menjadi kejutan lain. Band country ini paling berjaya dengan lima piala, termasuk dua kategori paling bergengsi Record of the Year dan Song of the Year.

Justin Bieber dan Drake bersaing di nominasi Best New Artist. Namun ternyata keduanya dikalahkan oleh penyanyi juga pemain bass jazz Esperanza Spalding.

Rihanna cukup membawa pulang piala Best Dance Recording. Begitu juga dengan Michael Buble dengan piala Best Traditional Pop Vocal Album.

Bruno Mars mendapatkan piala Best Male Pop Vocal Performance sementara John Legend & The Roots berhasil mengantongi dua piala masing-masing untuk Best R&B Song dan Best R&B Album.

Acara Grammy Awards ke-53 digelar di Staples Center, Los Angeles, Minggu (13/2/2011) waktu setempat. Para peraih nominasi juga ikut memeriahkan acara tersebut dengan penampilannya. Inilah daftar pemenangnya:


Record of the Year -Lady Antebellum 'Need You Now'
Album of the Year - Arcade Fire 'The Suburbs'
Song of the Year - Lady Antebellum 'Need You Now'
Best New Artist - Esperanza Spalding
Best Female Pop Vocal Performance - Lady Gaga 'Bad Romance'
Best Male Pop Vocal Performance - Bruno Mars 'Just the Way You Are'
Best Pop Performance By A Duo Or Group With Vocals - Train 'Hey, Soul
Sister (Live)'
Best Pop Instrumental Album - Larry Carlton & Tak Matsumoto 'Take Your Pick'
Best Pop Vocal Album - Lady Gaga 'The Fame Monster'
Best Dance Recording - Rihanna 'Only Girl (In the World)'
Best Electronic/Dance Album - La Roux 'La Roux'
Best Traditional Pop Vocal Album - Michael Buble 'Crazy Love'
Best Solo Rock Vocal Performance - Paul McCartney 'Helter Skelter'
Best Hard Rock Performance - Them Crooked Vultures 'New Fang'
Best Metal Performance - Iron Maiden 'El Dorado'
Best Rock Song - Neil Young 'Angry World'
Best Rock Album - Muse 'The Resistance'
Best Alternative Music Album - The Black Keys 'Brothers'
Best R&B Song - John Legend & The Roots 'Shine'
Best R&B Album - John Legend & The Roots 'Wake Up!'
Best Contemporary R&B Album - Usher 'Raymond V Raymond'
Best Rap/Sung Collaboration - Jay-Z & Alicia Keys 'Empire State Of Mind'
Best Rap Song - Jay-Z & Alicia Keys 'Empire State Of Mind''
Best Rap Album - Eminem 'Recovery'
Best Country Song - Lady Antebellum 'Need You Now'
Best Country Album - Dierks Bentley 'Up On The Ridge'
Best Reggae Album - Buju Banton 'Before The Dawn'
Best Comedy Album - Lewis Black 'Stark Raving Black'
Best Musical Show Album - American Idiot (Featuring Green Day)
Best Short Form Music Video - Lady Gaga 'Bad Romance'
Best Long Form Music Video - The Doors 'When You're Strange'

10 Drum Terbaik Sampai Saat Ini

FREAK,neh gue


Seprofesi juga kuple Biasa sh emo post hardcore yg gue maenin,tapi byr lo tau n puas akan menampilkan daftar 10 drummer terbaik di dunia (takutnya kalo artikel ini ga dimuat, nanti para drummer bakal protes trus menyegel situ ini,,heheheheh). Tapi mohon maaf jika kami tak dapat menyebutkan versinya secara pasti, karna artikel ini memang hasil copy paste dari blog lain,,jadi mohon dimaklumi..

lalu siapakah 10 drummer yang beruntung ? kita lihat sama-sama

10. Mike Portnoy – Dream Theater




Michael Stephen Portnoy (lahir April 20, 1967) adalah pemain drum amerika terutama dikenal sebagai drummer dan backing vokalis band metal progresif dream theater. Drum dikenal karena kehebatannya dan keahlian teknis, portnoy telah memenangkan 23 penghargaan dari majalah modern drummer. Dia telah bersama-sama menghasilkan lima album terakhir dream theater dengan gitaris john petrucci, mulai dari metropolis pt. 2: Scenes from a memory. Dari a change of seasons dan seterusnya, portnoy telah menulis sejumlah besar lirik dream theater, mengisi kekosongan yang ditinggal oleh kevin moore, yang meninggalkan band ini setelah rilis band awake. Dia adalah orang termuda kedua (setelah neil peart) yang akan dilantik ke modern drummer’s hall of fame (pada usia 37 tahun).

9. Ian Paice – Deep Purple




Paice Ian Anderson (lahir 29 Juni 1948) adalah seorang musisi Inggris, paling dikenal sebagai drummer dari band rock seminalis, Deep Purple. Ia adalah satu-satunya anggota pendiri band masih tampil dengan bandnya.

8. Hal Blaine – Session Man




Hal Blaine (lahir Harold Simon Belsky 5 Februari 1929, Holyoke, Massachusetts) adalah seorang musisi penabuh drum. Ia paling dikenal karena karyanya dengan Wrecking Crew di California. Blaine bermain di berbagai hits dengan band populer, termasuk Elvis Presley, The Ronettes, Simon & Garfunkel, The Carpenters dan Beach Boys. Blaine adalah anggota Rock & Roll Hall of Fame.

7. Bill Bruford – Yes, King Crimson



William Scott Bruford (lahir 17 Mei 1949 di Sevenoaks, Kent), lebih dikenal sebagai Bill Bruford, adalah drumer Inggris yang diakui kuat, precision tinggi, dan polyrhythmic. Dia adalah drummer asli yang sangat sukses di grup rock progresif Yes, dan telah menjadi tokoh terkemuka dalam gerakan rock progresif. Bruford telah melakukan sejumlah tindakan populer sejak awal 1970-an, termasuk bertugas sebagai drummer Genesis. Dari tahun 1972 sampai 1997, Bruford adalah drummer band rock progresif King Crimson. Bruford pindah jauh dari rock progresif berkonsentrasi pada jazz, memimpin grup jazz sendiri, Earthworks, selama beberapa tahun. Dia pensiun dari publik pada tahun 2009, tetapi akan terus berjalan dua perusahaan rekaman dan berbicara tentang musik. Otobiografinya, Bill Bruford: The Autobiography, diterbitkan pada awal 2009.

6. Terry Bozzio – Frank Zappa




Terry Bozzio lahir 27 Desember 1950 di San Francisco, California. Dia mulai bermain drum pada umur 6 tahun dari berbagai bahan sampah seperti kaleng kopi dan patahan tongkat. Pada usia 13 ia menyaksikan performa The Beatles utama di The Ed Sullivan Show, dan memohon ayahnya untuk pelajaran drum. Selama masa ini ia bermain di band garasi Blue Grass Radio, The Yarde, dan Jungle Tamalpaias Mountain Boys. Ia mulai rekaman dan tur dengan Frank Zappa pada tahun 1975, dan muncul dalam film konser Baby Snakes.

5. Ginger barker – cream




peter edward “ginger” baker (lahir 19 agustus 1939, lewisham, south london) adalah seorang drumer inggris, terkenal karena karyanya dengan cream dan blind faith. Ia juga dikenal karena banyak asosiasi dengan dunia baru musik dan menggunakan pengaruh afrika dan kolaborasi beragam seperti karya-karyanya dengan band rock hawkwind.

4. Carl palmer – elp



carl palmer (nama lahir kendall frederick carl palmer, 20 maret 1950, handsworth, birmingham) adalah seorang inggris dan merupakan drumer dan pemain perkusi. Ia dihormati sebagai salah satu yang paling dihormati drumer rock yang muncul dari tahun 1960-an. Di samping itu, palmer adalah veteran dari sejumlah band-band inggris yang terkenal, termasuk crazy world of arthur brown, atomic rooster, emerson, lake & palmer, dan asia. Ia juga berkontribusi terhadap karya-karya oleh mike ol–dfield.


3. Keith moon-the who



john keith moon (23 agustus 1946 – 7 september 1978) adalah drummer inggris dari grup rock the who. Ia mendapat pujian untuk permainan drum yang energetic, dan ketenaran untuk gaya hidup yang aneh, ia mempunyai julukan, “moon the loon.” (si gila moon). Moon bergabung dengan the who pada tahun 1964. Ia bermain di semua album dan single dari debut, 1965’s “i can’t explain”, hingga who are you, yang dirilis tiga minggu sebelum kematiannya.

Moon dikenal inovatif,bermain seacara dramatis, sering menghindari ketukan kembali dasar, teknik yang terfokus pada cepat, cascading roll di seluruh tom, ambidextrous (kidal), double bass drum dan simbal crash. Ia secara luas dianggap sebagai salah satu yang terbesar dalam sejarah drumer rock and roll.

2. John bonham – led zeppelin



john henry “bonzo” bonham (31 mei 1948 – 25 september 1980) adalah seorang penabuh drum dan penulis lagu inggris, paling dikenal sebagai drummer dari band led zeppelin.

Ia terkenal karena kekuatannya, cepat kaki kanan, suara khas dan “feeling” untuk rythm. Ia secara luas dianggap sebagai salah satu drumer terbesar dalam sejarah musik rock dinilai oleh musisi dan kritikus lainnya di industri.

1. Neil peart – rush




neil ellwood peart oc, (lahir september 12, 1952) adalah musisi kanada dan seorang penulis. Ia paling dikenal sebagai penabuh drum dan penulis lirik untuk band rock rush.

Peart tumbuh di port dalhousie, ontario (sekarang bagian dari st catharines) yang bekerja dengan pekerjaan yang kadang-kadang aneh. Namun, ambisi sejati adalah menjadi musisi profesional. Selama masa remaja, ia melayang dari daerah ke daerah band band dan keluar dari sekolah tinggi untuk mengejar karir sebagai full-time drummer. Setelah bertugas di inggris dan berkonsentrasi pada musiknya, peart kembali ke rumah, di mana ia bergabung dengan sebuah band toronto lokal, rush, pada musim panas 1974.

sumber : http://terselubung.blogspot.com/2010/01/10-drummer-rock-terbaik-di-dunia.html

Lima Musisi Cacat yang Luar Biasa

Inilah yang bisa dijadikan bukti bahwa manusia mempunyai kekurangan dan kelebihan, seperti halnya musisi para penyandang cacat ini. Siapa yang menyangka bahwa orang buta bisa dengan lihainya memainkan alat musik, atau siapa yang mengira bahwa seorang dengan keterbatasan pendengaran bisa bernyanyi-nyanyi seolah-olah orang tidak tau apa kekuranganya. Namun ada beberapa musisi yang berhasil mematahkan mitos bahwa orang dengan keterkurangan fisik atau indra justru malah membuat karya yang melambung. Berikut 5 musisi tersebut :
1. Brian Wilson


Brian Wilson, Salah satu anggota dari Band The Beach Boys. Dia adalah penulis lagu yang handal untuk band tersebut. Namun tidak ada yang menyangka bahwa sebenarnya dia memiliki sebuah kekurangan. Beliau memiliki masalah dalam pendengaranya, meskipun tidak sepenuhnya tuli. Telinga kananya tidak berfungsi dengan baik. Menurut pemaparanya, hal itu terjadi ketika masih kecil ayahnya pernah memukul kepalanya dengan sesuatu benda. Hal itu tidak membuat dia berhenti berkarya dalam bermusik, bahkan sampai sekarang karyanya masih banyak disukai. Termasuk saya pribadi ;)

2. Tonny Iommy

Tonny Iommy, gitaris band Black Sabbath. Secara logika, gitaris harus memiliki jari-jari yang sempurna untuk memainkan nada di fret-fretnya. Namun semua pandangan dirubah oleh Tonny Iommy. Dia adalah seorang gitaris yang memiliki kekurangan pada jarinya. Pada usia 17 tahun, dalam sebuah kecelakaan pabrik industri tommy kehilangan ujung jari tengahnya. Untuk mengatasi kekuranganya tersebut, tommy membuat sebuah ‘jari palsu’ pada tanganya. Dia melelehkan botol plastik untuk dibentuk dan dipasang di jari jarinya untuk kemudian ditutup dengan kulit, sehingga pada akhirnya dia masih bisa terus memainkan nada nada indah melalui jari-jarinya itu. Sebuah tips menarik juga nih buat para gitaris ;)
3. Rick Allen

“Mungkin kalau bukan karena kecelakaan itu, saya tidak akan seperti sekarang ini” Mungkin itulah sedikit petikan dari Rick Allen, drummer Daf Leppard. Dia bergabung dengan Daf Leppard di tahun 1980. Ironisnya, di tahun 1984 dia mengalami sebuah kecelakaan mobil yang membuat ia harus kehilangan tanganya. Untuk mengatasi keterbatasan lenganya itu, Allen membuat sebuah drum kit yang dibuat khusus. Dan diapun masih terus bisa memukul drum meski dengan satu tangan.

Cek Video Rick Allen Perform Dengan Satu Tangan :

4. Ludwig Van Beethoven

www.i-dus.com
Gambar ini diambil dari Punya i-dus.com

Siapa yang tak kenal dengan komposer hebat ini. Mulai dari karya karyanya di era musik klasik sampai romantik. Sayangnya, pada tahun 1970 dia sedikit-sedikit kehilangan pendengaranya sampai akhirnya tuli sepenuhnya. Untuk melanjutkan karyanya dalam bermusik. Tiap kali bermain piano, dia membuat sebuah tongkat di papan suara pianonya. Tongkat itu dia gigit, dan tiap kali tongkat itu bergetar Beethoven mampu menangkap setiap nada-nada yang keluar. Kami selalu salut terhadap segala bentuk kreativitasmu, Beethoven.

Quotes : “The barriers are not erected which can say to aspiring talents and industry, ‘Thus far and no farther.’” – Ludwig van Beethoven Beethoven

5. Stevie Wonder


Semua orang tahu bahwa Stevie Wonder adalah seorang pencipta lagu, penyanyi dan produser rekaman yang hebat. Namun, semua orang juga tahu bahwa sejak kecil Stevie terlahir buta. Meski begitu, Stevie Wonder berhasil meyakinkan seluruh dunia bahwa buta bukan satu-satunya halangan untuk berkarya.

Quotes : “Just because a man lacks the use of his eyes doesn’t mean he lacks vision.” – Stevie Wonder

Setidaknya dengan fakta-fakta diatas menginspirasi kita bahwa keterbatasan itu bukan satu-satunya alasan penghambat dalam berkarya.

Jadwal Konser Mancanegara Ke Indonesia


Berikut ini merupakan jadwal konser musik mancanegara yang akan diselenggarakan di Indonesia mulai januari sampai mei 2011 dilansir dari Yahoo.

1. Secondhand Serenade: 8 Januari 2011 (Sabuga, Bandung), 9 Januari 2011 (Gramedia Expo, Surabaya).
Mereka datang lagi ke Indonesia setelah konser di Jakarta pada 2009. Harga tiket di dua kota ditetapkan sama oleh Nada Promotama, promotornya. Yaitu, 250 ribu rupiah.

2. N.E.R.D: 10 Januari 2011 (Istora Senayan, Jakarta).
Konser N.E.R.D (No-one Ever Really Dies) yang diadakan oleh Blade Indonesia ini bisa jadi pilihan di awal tahun. RAN dan S.O.B dijadwalkan jadi pembuka konser dari kelompok yang terdiri dari Pharrell Williams, Chad Hugo, dan Shay Haley itu. Tiketnya dijual seharga 475 – 575 ribu rupiah (harga normal).

3. Four Year Strong dan Set Your Goals: 19 Januari 2011 (Tennis Indoor Senayan, Jakarta).
Konser dua band asal Amerika yang didatangkan oleh Java Musikindo ini. Tiket masuknya berkisar 350 – 400 ribu rupiah.

4. NE-YO: 22 Januari 2011 (Istora Senayan, Jakarta).
Maliq & D’Essentials, Ello, dan Soul Vibe akan menjadi pembuka konser penyanyi Amerika bernama asli Shaffer Chimere Smith Jr ini. Oleh SentraLive!, promotornya, tiketnya dijual mulai Rp 700.000,- hingga Rp 1.250.000,-

5. Rick Price: 7 Februari 2011 (Balai Sarbini, Jakarta)
Penyanyi asal Australia yang ngetop di Indonesia pada era 90an. Harga tiketnya yang mulai dari 500 ribu rupiah, mari bernostalgia dengan kedatangan Rick Price kali ini.

6. Deftones: 8 Februari 2011 (Tennis Indoor Senayan, Jakarta)
Band rock yang terbentuk pada 1988 didatangkan pihak promotor (Java Musikindo), harga tiketnya 450 – 500 ribu rupiah (harga normal).

7. Iron Maiden: 17 Februari 2011 (Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta), 20 Februari 2011 (Garuda Wisnu Kencana, Bali).
Iron Maiden akhirnya menggelar konser di Indonesia dalam rangkaian Frontier World Tour 2011. Bahkan di dua lokasi sekaligus, Jakarta dan Bali. Didatangkan oleh promotor Original Production, tiketnya dijual dengan harga bervariasi. Untuk konser di Jakarta, dimulai dari harga 250 ribu rupiah. Sedangkan yang di Bali, sebelum 1 Februari 2011, bisa dibeli seharga 350 – 550 ribu rupiah.

8. Bring Me The Horizon: 19 Februari 2011 (Tennis Indoor Senayan, Jakarta).
BMTH band musik metalcore asal Inggris. Tiketnya dihargai Rp 325.000,- (tribun) dan Rp 375.000,- (festival).

9. We The Kings, Never Shout Never, dan I See Stars: 22 Februari 2011; New Found Glory dan The Starting Line: 23 Februari 2011 (Tennis Indoor Senayan, Jakarta).
Jakarta Jam! ’11 yang digelar Java Musikindo selama dua hari ini, penonton bisa membeli tiketnya seharga 325 – 375 ribu rupiah per hari.

10. Santana, Fourplay, Corinne Bailey Rae, dan Acoustic Alchemy: 4 Maret 2011; Santana dan George Benson: 5 Maret 2011; George Benson, Fourplay, Kenny Loggins: 6 Maret 2011 (JIExpo Kemayoran, Jakarta).
Sejumlah artis musik kondang yang akan tampil di Jakarta International Java Jazz Festival 2011 yang akan berlangsung selama tiga hari, 4 – 6 Maret 2011. Masih ada puluhan nama lainnya, bahkan ratusan jika termasuk musisi dari Indonesia sendiri. Sempat ada kabar bahwa David Foster juga akan hadir di festival jazz tahunan bikinan Java Festival Production itu dengan mengajak Phillip Bailey, salah seorang anggota Earth, Wind & Fire.

11. Stone Temple Pilots: 13 Maret 2011 (Carnaval Beach Ancol, Jakarta).
Stone Temple Pilots didatangkan promotor Java Musikindo.Harga presale yang dipatok di bawah 500 ribu rupiah atau harus membelinya pada harga normal Rp 600.000,-

12. Jimmy Eat World: 3 April 2011 (Tennis Indoor Senayan, Jakarta).
Untuk tiket pertunjukan grup musik rock asal Arizona, Amerika ini, pihak promotor Java Musikindo menetapkan di kisaran 400 – 450 ribu (harga normal).

13. Justin Bieber: 23 April 2011 (Sentul International Convention Center, Bogor).
Justin Bieber akhirnya menggelar konser di Indonesia pada tahun 2011, promotor Marygops Studios mendatangkannya pada bulan April mendatang. Harga tiket belum diumumkan oleh pihak promotor.

14. Maroon 5: 27 April 2011 (Istora Senayan, Jakarta).
Konser musik mancanegara paling fenomenal di Indonesia untuk tahun 2011. Tiketnya dihargai 600 – 800 ribu rupiah sudah langsung habis terjual (sold out) dalam waktu 10 jam sejak loket penjualan tiketnya dibuka pada awal Desember 2010 lalu. Bagi mereka yang kehabisan tiket untuk menonton aksi Adam Levine dan rekannya, sepertinya hanya bisa berharap dari kuis berhadiah yang secara berkala diadakan pihak promotor Java Musikindo lewat akun Twitter mereka.

15. A Rocket to the Moon, Hey Monday, dan The Downtown Fiction: 14 Mei 2011 (Tennis Indoor Senayan, Jakarta).
Java Musikindo sebagai promotor belum memberi informasi soal harga tiketnya.
Incoming seach untuk artikel di atas:

* jadwal konser di indonesia 2011
* jadwal konser 2011

Genre Musik Populer

Musik populer atau Musik pop adalah nama bagi aliran-aliran musik yang didengar luas oleh pendengarnya dan kebanyak bersifat komersial.
Musik populer pertama kali berkembang di Amerika Serikat pada tahun 1920 di mana rekaman pertama kali dibuat berdasarkan penemuan Thomas Edison, dibedakan dengan Musik Klasik, Musik Jazz, Musik Tradisional, Musik Blues, kemudian juga berkembang ke negara-negara lain sedunia.

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Sejarah Musik Klasik sejak Musik Gregorian tahun 590

Musik Klasik dimulai dengan penemuan Notasi Gregorian tehun 590 oleh Paus Agung Gregori, berupa balok not dengan 4 garis, namun notasi belum ada hitungannya. Paus Gregory semasa hidupnya telah mencatat lagu-lagu Gereja dengan Notasi Gregorian tersebut. sebelum tahun 590 musik mengalami kegelapan tidak ada peninggalan tertulis yang dapat dibaca.

[sunting] Notasi Gregorian Tahun 590

Notasi musik lahir pada tahun 590 yang disebut Notasi Gregorian, yang ditemukan oleh Paus Agung Gregori, di mana sebelumnya musik mengalami kegelapan tidak ada peninggalan tertulis. Pada masa hidupnya Paus Gregori telah menyalin ratusan lagu-lagu Gereja dalam Notasi Gregorian tersebut. Notasi ini memekai 4 garis sebagai balok not, tetapi belum ada notasi iramanya (hitungan berdasarkan perasaan penyanyi. Di sini sifat lagu masih sebagai lagu tunggal atau monofoni.Notasi gregorian biasanya digunakan sebagai notasi untuk memainkan lagu gereja

[sunting] Musik Organum 1150-1400

Pada awalnya orang menyanyi dengan nada yang sama, atau disebut dengan organum, nada atas dinyanyikan oleh wanita atau anak-anak, sedangkan nada rendah dinyanyikan oleh laki-laki. Di sini terjadi susunan lagu berjarak oktaf, suara tinggi (wanita/anak-anak) dan suara rendah (laki-laki).

[sunting] Musik Diafoni 1400-1600

Ternyata tidak semua dapat mengikuti suara tinggi atau suara rendah.Oleh sebab itu diputuskan untuk membuat suara yang kuart lebih rendah mengikuti melodi, kuart tinggi maunpun kuart rendah, dan musik yang demikian ini disebut musik diafoni (dia=dua, foni=suara).

[sunting] Basso Ostinato Tahun 1600

Orang-orang Italia pada tahun sekitar 1600 menemukan apa yang disebut Basso Ostinato atau Bass yang bergerak gendeng atau gila, berupa rangkaian nada-nada yang bergerak selangkah demi selangkah ke bawah atau ke atas, kemudian diulang pada rangkaian nada lain.

[sunting] Musik Polifoni Era Barok 1600-1750

Ternyata suara yang mengikuti sama dengan melodi menjadi membosankan, maka mulailah suara tidak bergerak secara sejajar, maka mulailah dengan arah yang berlawanan. Komponis Giovani Perluigi da Palestrina (1515-1594) adalah perintis tentang hal ini, dan disusun teori mengenai musik melodi banyak (polifoni), sehingga setiap nada atau titik (punctus=point) bergerak secara mandiri atau berlawanan (counter), di sinilah lahir teori kontrapun (counterpoint=kontrapunt).
Johan Sebastian Bach (1685-1750) adalah salah satu empu musik polifoni dengan teknik kontrapun yang sangat tinggi, karema disusun seperti matematik. Hampir semua komponis Era Barok (1600-1750) menyusun dengan teknik kontrapun, misalnya George Frederic Handle dari Inggris, Jean Remeau dari Pernacis, Correli dari Itali, dlsb. Lagu rakyat dengan gaya polifoni adalah Papa Yakob.
Pada awalnya orang menyusun dengan Kontrapun Terikat atau Strict Counterpoint, namun kemudian menadapat kebebasan berdasarkan teori Kontrapun Bebas atau Free Counterpoint.

[sunting] Musik Homofoni Era Klasik 1750-1825

Selanjutnya pada Era Klasik (1750-1825) ditemukan susunan akord yang berdasarkan tri-suara (triad), selanjutnya berkembang dengan empat suara atau lebih. Musik yang demikian ini disebut Musik Homofoni, sehingga kontrapun menjadi variasi melodi yang kontrapuntis.

[sunting] Musik Klasik Era Romantik 1820-1910

Hampir tidak banyak perubahan dalam kontrapun dan harmoni secara fundamental pada Era Romantik (1820-1910), namun ada kemajuan dalam orketrasi lengkap (dengan penemuan alat musik). Era ini adalah yang terakhir dan masih dapat diterima dengan pendengaran masyarakat umum. Terutama pada musik opera, musik balet, dan walsa wina.

[sunting] Musik Klasik Modern 1910-sekarang

Musik Modern dengan Musik Atonal dan Politonal telah jauh dari penggemar musik yang menyenangi musik konvensional, karena suara yang disonan dan irama yang tidak teratur membutuhkan konsentrasi dalam mendengar.

[sunting] Sejarah Musik Pop sejak 1920

[sunting] Musik Ragtime di Amerika Serikat sejak 1890

Musik Ragtime atau Cincang-Babi, adalah musik Amerika yang dipengaruhi oleh etnis Afrika-Amerika dan musik klasik Eropa. Musik ini mulai terkenal di daratan Amerika sekitar tahun 1890 hingga 1920. Musik ini mempuyai tempo atau irama yang cepat dengan dominasi sinkopasi, namun ada juga yang berirama agak lamban.
Biasanya musik ini dimainkan khusus dengan piano, gaya cincang-babi, dan para pianis dan pencipta antara lain Scott Joplin (1868-1917), James Scott (1885-1938), dan Joseph Lamb (1887-1959).

[sunting] Musik Blues di Amerika Serikat sejak 1895

Musik Blues juga lahir dari etnis Afrika-Amerika di semenanjung Delta Mississippi pada akhir abad XIX sekitar tahun 1895 dan berlangsung hingga kini. Musik ini lahir dari kehidupan para budak yang bekerja sebagai buruh tani ras Afrika di Amerika, di mana pada saat mereka bekerja atau istirahat sore hari mereka mengalunkan lagu-lagu sedih (blues) yang khas melodi ras Afrika, dan tentu saja dengan lirik-lirik budak yang tertindas pada waktu itu. Pada awalnya lagu blues hanya dinyanyikan tanpa iringan instrument, kemudia baru meraka mempergunakan alat petik gitar sebagai iringan.
Belakangan musik blues ini mempengaruhi perkembangan musik jazz, country, dan rock. Perhatikan bahwa irama dan melodi musik blues sangat kental dengan ras Afrika. Kadang-kadang dalam syair timbul cerita tentang kesedihan mereka sebagai budak dan buruh tani, dan tentu saja perkembangannya sangat dipengaruhi lingkungan urban maupun desa Amerika, di mana ras Afrika mendominasi gaya musik blues.
Para pemusik blues dan pencipta blues, rata-rata orang hitam Amerika, adalah di mana W.C. Handy (1873-1958) adalah bapak blues. Lagu Aunt Hagar's Children dan Saint Louis Blues diterbitkan masing-masing pada tahun 1914 dan 1921.

[sunting] Musik Pop di Amerika Serikat mulai 1920

Setelah Perang Dunia I berakhir (1918), maka musik baru di benua Amerika lahir yang disebut dengan Musik Populer. Musik ini terutama sebagai musik lantai dansa yang pada waktu itu menjadi populer sekali dan digemari oleh masyarakat seluruh dunia.

[sunting] Musik Amerika Latin lahir sejak 1857

Ciptaan-ciptaan pencipta pada waktu itu dengan pengaruh latin adalah antara lain dari George Bizets Hababera dari opera Carmen (1875); Scott Joplin’s Mexican Serenade, Solace (1902); Maurice Ravels Rapsodie Espagnole (1907), dan Bolero (1928).
Musik pop latin dimulai sejak dansa latin dikenal, yaitu sejak tahun 1920 juga. Dansa Tango menjadi salah satu balroom dance yang terkenal pada tahun 1920 di Amerika maupun Eropa, di mana lagu Tango yang bertangga nada minor dan melankolik, serta step dansa yang agresif. Setelah itu tahuj 1930 dan 1940 berkembang menjadi salah satu musik yang digemari di dunia, dengan tokoh seperti Xavier Cugat, Peres Prado, dlsb. Irama yang berkembang pada waktu itu adalah Rhumba, Samba, Conga, Salsa, Mambo, dlsb.

[sunting] Musik Country sejak 1920

Musik Country sering diidentitaskan dengan musik cowboy (penggembala sapi). Musik ini lahir pada rekaman permainan biola country John Carson dengan rekaman "Little Log Cabin in the Lane" oleh Okeh Records pada tahun 1923. Kemudian lahir rekaman oleh Columbia pada tahun 1924 "Old Familiar Tunes". Seperti diketahui steel guitar masuk country pada tahun 1922, di mana Jimmie Tarlton bertemu dengan Hawaiian guitarist Frank Ferera pada pantai barat Amerika.
Mulai tahun 1927, selama 17 tahun Carters merekam sekitar 300 old-time ballads, lagu traditional, lagu country, dll. Selanjutnya pada tahun 1930-an dan 1940-an lagu cowboy menjadi populer di semua film Hallywood. Dan tahun 1939 irama Boogie-woogie menjadi terkenal.

[sunting] Aliran-aliran dalam musik populer

Mengenal Musik Rap/R&B


Buat Rapper sibolga tapteng Untuk mengerti sejarah dari rap, kamu harus to dua hal: Rap adalah berbicara dengan rima mengikuti ritme atau ketukan beat. Hiphop adalah budaya, jalan hidup(way of life) untuk lingkungan orang-orang yang mengidentifikasi, mencintai, dan menghargai nge-rap, nge-breakdance, nge-Deejay, dan graffiti (Kurtis Blow).
RAP
Kebanyakan buku, Acara Tv dan sejarahwan mengatakan bahwa rap di buat/ diciptakan di Bronx, tapi ini tidak sepenuhnya betul. Rap Amerika yang kita tau sekarang dimulai sekitar 1970 di Boogie Down Bronx. Untuk mengerti secara keseluruhan, kita harus kembali ke masa lampau : Dimulai di Afrika..Gospel
Mari kembali ke akarnya, di Afrika – untuk lebih spesifik- Suku-suku disana mengabadikan sejarah mereka dalam bait-bait ritmik dan nyanyian. Karena ada banyak suku-suku, banyak terdapat bahasa daerah dan suku-suku yang bahasa mereka seringnya tidak dibuang/ dilupakan. Jadi, untuk menjaga sejarah dan legenda mereka menggunakan lagu dan ritmik untuk menceritakannya. Karena pedagang budak kulit putih datang dan memisahkan mereka dari keluarga dan suku mereka.

Orang afrika asli membawa cerita dan rima mereka bersama pedagang budak eropa. Mereka (pedagang budak)tidak mengijinkan para budak bicara menggunakan ?Bahasa Ibu? (bahasa afrika asli) . Para pedagang budak itu berpikir bahwa mereka berencana untuk membuat rusuh. Walaupun mereka dirantai. Tapi mereka di perbolehkan untuk menyanyi. Ini membuat para budak bertahan hidup dan merasa lebih baik. Para budak wanita di perkosa dan sering kali hamil oleh crew (para pembantu pedagang budak). Budak wanita dijadikan bonus buat para crew. Perjalanan seperti ini bisa memakan waktu hingga sebulan. Dan bila ada sekitar 1000 budak, 600-700 yang selamat, itu adalah perjalanan yang bagus. Dan bila budak wanita hamil maka mereka akan mendapatkan harga yang lebih baik (karena ada tambahan bayi dalam kandungan budak wanita). Lalu para majikan (pemilik budak) berlaku sama untuk mendapatkan lebih banyak budak(memperkosa budak wanita hingga hamil dan anak hasil perbuatan itu di jadikan budak lagi). Mereka, para majikan bahkan memberikan tamu mereka satu atau dua wanita untuk teman tidur?
Ketika mereka menyanyi mereka bekerja lebih giat karena isi nyanyiannya adalah tentang dari mana mereka berasal dan sejarah suku-suku mereka. Waktu seelanjutnya, karena majikan bersifat lebih lunak, para budak diperbolehkan libur setiap hari minggu. Pada hari minggu tersebut, para budak pergi ke gereja dan menyanyikan lagu kebebasan. Hal ini kemudian berubah menjadi paduan suara Gospel.
Blues.
Ketika perbudakan dilarang, kulit hitam masih diburu, digantung, disiksa dan lebih buruk lagi. Waktu itu adalah masa yang sangat buram dan menyedihkan. Lagu-lagu terdengar murung dan sedih. Blues dulunya adalah cuma satu instrument dan satu vocal dengan suara yang mengayun sendu.
Jazz
Beberapa tahun kemudian, mereka mulai memadukan musik tradisional Afrika dengan instrument Eropa. Dan lahirlah apa yang disebut Jazz. Lalu Soul muncul sebagai gaya yang lebih ringan dan riang daripada R & B.
Rhythm & Blues
Ketika artis-artis Blues pindah dari pedesaan ke daerah perkotaan, musiknya terdengar lebih berat dan dengan gaya yang lebih groovy. Suara utama adalah pada rhythm. Lalu ini menjadi Rhythm And Blues (R&B), dan waktu itu merupakan satu-satunya jenis musik kulit hitam. Diketahui juga oleh audiens kulit putih pada awal tahun 50-an. Tapi masih kuat dipengaruhi oleh musisi kulit putih. Satu dari artist R&B yang terkenal jaman itu adalah Lois Jordan dengan banyak lagu hits-nya di tahun 40-an dan 50-an. Diantar Fats Domino mereka membuat lyrik yang lucu dikombinasikan dengan groove yang cepat dan dinamis. Hal itu membuat merka tersentuh auidiens kulit putih. Tapi itu bukan sebelum pertengahan tahun 50-an ketikas R&B diputar di radio dan waktu itu musiknya adalah rock & roll. R&B di kombinasikan denga elemen dari Jass, Country Blues, Boogie Woogie dan Gospel.

Mengenal Musik Jazz

Jazz (cara pengucapan: [Jes]) adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa.
Musik jazz banyak menggunakan gitar, trombon, piano, terompet, dan saksofon. Elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note.

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Definisi

Jazz bisa sangat sulit untuk menentukan karena membentang dari waltz Ragtime untuk fusi era tahun 2000-an. Meskipun banyak upaya telah dilakukan untuk menentukan jazz dari sudut pandang di luar jazz, seperti menggunakan sejarah musik Eropa atau musik Afrika, kritikus jazz Joachim Berendt berpendapat bahwa semua upaya tersebut tidak memuaskan. Salah satu cara untuk berkeliling masalah definisi adalah untuk mendefinisikan jazz "istilah" lebih luas. Berendt mendefinisikan jazz sebagai bentuk "seni musik yang berasal dari Amerika Serikat melalui konfrontasi orang kulit hitam dengan musik Eropa", ia berpendapat bahwa jazz berbeda dari musik Eropa dalam jazz yang memiliki hubungan "khusus untuk waktu, yang didefinisikan sebagai 'ayunan' "," sebuah spontanitas dan vitalitas produksi musik di mana improvisasi memainkan peran ", dan" kemerduan dan cara ungkapan yang cermin individualitas dari musisi jazz melakukan ".
Travis Jackson juga mengusulkan definisi yang lebih luas dari jazz yang mampu mencakup seluruh era yang berbeda secara radikal: ia menyatakan itu adalah musik yang mencakup kualitas seperti "berayun ', improvisasi, interaksi kelompok, mengembangkan sebuah" suara individu, dan menjadi 'terbuka' untuk kemungkinan musik yang berbeda Krin Gabbard mengklaim bahwa" jazz adalah membangun "atau kategori yang, sementara buatan, masih berguna untuk menunjuk" sejumlah musics dengan cukup umum harus dipahami sebagai bagian dari sebuah tradisi yang koheren ".
Sementara jazz mungkin sulit untuk menentukan, improvisasi jelas salah satu elemen kunci. Awal blues pada umumnya terstruktur sekitar pola panggilan-dan-respon yang berulang, unsur umum dalam tradisi lisan Afrika Amerika. Suatu bentuk musik rakyat yang meningkat di bagian dari lagu kerja dan bidang hollers Hitam pedesaan, blues awal juga sangat improvisasi. Fitur-fitur ini mendasar dengan sifat jazz. WhilProxy-Connection: hidup terus-Cache-Control: max-age = 0
dalam unsur-unsur musik klasik Eropa interpretasi, ornamen dan pendampingan kadang-kadang kiri ke kebijaksanaan yang berprestasi itu, tujuan utama adalah pemain memainkan komposisi seperti yang tertulis.
Dalam jazz, Namun, pemain ahli akan menafsirkan sebuah lagu dengan cara yang sangat individu, tidak pernah memainkan komposisi yang sama persis dengan cara yang sama dua kali. Tergantung mood pemain dan pengalaman pribadi, interaksi dengan sesama musisi, atau bahkan anggota audiens, seorang musisi jazz / pemain dapat mengubah melodi, harmoni atau waktu penandatanganan di akan. musik klasik Eropa telah dikatakan media komposer. Jazz, namun, sering ditandai sebagai produk kreativitas egaliter, interaksi dan kolaborasi, menempatkan nilai yang sama pada kontribusi dari komposer dan pelaku, 'tangkas berat [ing] klaim masing-masing komposer dan improvisasi' .
Di New Orleans dan Dixieland jazz, performer bergantian bermain melodi, sementara yang lain countermelodies improvisasi. Dengan era swing, big band datang untuk lebih mengandalkan musik diatur: pengaturan entah tertulis atau dipelajari oleh telinga dan hafal - banyak artis jazz awal tidak bisa membaca musik. solois Individu akan berimprovisasi dalam pengaturan ini. Kemudian, di bebop fokus bergeser ke arah kelompok-kelompok kecil dan pengaturan minimal; melodi (dikenal sebagai kepala "") akan dinyatakan secara singkat pada awal dan akhir bagian, tapi inti dari kinerja akan menjadi serangkaian improvisasi dalam tengah. Kemudian gaya jazz seperti jazz modal meninggalkan gagasan ketat kemajuan akord, yang memungkinkan individu musisi berimprovisasi bahkan lebih bebas dalam konteks skala tertentu atau mode. avant-garde dan idiom jazz bebas izin, bahkan memanggil, meninggalkan chords, sisik, dan meter berirama.

Telah lama ada perdebatan di komunitas jazz atas definisi dan batas-batas "jazz". Meskipun perubahan atau transformasi jazz oleh pengaruh baru awalnya sering dikritik sebagai kehinaan "," Andrew berpendapat Gilbert jazz yang memiliki kemampuan "untuk menyerap dan mengubah pengaruh" dari gaya musik yang beragam. Sementara beberapa penggemar jenis tertentu jazz berpendapat untuk definisi sempit yang mengecualikan berbagai jenis musik juga dikenal sebagai "jazz", musisi jazz sendiri sering enggan untuk mendefinisikan musik mereka bermain. Duke Ellington menyimpulkan dengan mengatakan, "Ini semua musik." Beberapa kritikus bahkan menyatakan bahwa musik Ellington bukanlah jazz karena diatur dan mengatur. Pada teman sisi lain Ellington dua puluh solo Earl Hines's "transformatif versi "komposisi Ellington (pada Earl Hines Dimainkan Duke Ellington dicatat pada tahun 1970) yang dijelaskan oleh Ben Ratliff, New York Times kritikus jazz, seperti" sebagai contoh yang baik dari proses jazz sebagai sesuatu di luar sana ".
Berorientasi komersial atau populer yang dipengaruhi musik jazz bentuk memiliki keduanya lama dikritik, setidaknya sejak munculnya Bop. penggemar jazz tradisional telah diberhentikan Bop, tahun 1970-an jazz [era fusi dan banyak lain] sebagai periode penurunan nilai komersial dari musik. Menurut Bruce Johnson, musik jazz selalu memiliki ketegangan "antara jazz sebagai musik komersial dan bentuk seni" catatan Gilbert itu. Sebagai gagasan tentang kanon jazz adalah berkembang, "prestasi masa lalu" dapat menjadi "... istimewa atas kreativitas istimewa ..." dan inovasi seniman saat Village Voice. jazz kritikus Gary Giddins berpendapat bahwa sebagai penciptaan dan penyebaran jazz semakin dilembagakan dan didominasi oleh perusahaan hiburan besar, jazz adalah menghadapi "sebuah. .. masa depan berbahaya kehormatan dan penerimaan tertarik "David Ake. memperingatkan bahwa penciptaan" norma "dalam jazz dan pembentukan tradisi jazz" "mungkin mengecualikan atau sampingan lainnya yang lebih baru, avant-garde bentuk jazz . Kontroversi juga muncul lebih dari bentuk-bentuk baru jazz kontemporer dibuat di luar Amerika Serikat dan berangkat secara signifikan dari gaya Amerika Di satu pandangan mereka merupakan bagian penting dari pengembangan saat ini jazz itu;. di lain mereka kadang-kadang dikritik sebagai penolakan terhadap tradisi jazz penting.

[sunting] Asal kata "Jazz"

Asal-usul dari jazz kata adalah salah satu yang paling dicari asal-usul kata dalam bahasa Inggris Amerika modern. Bunga intrinsik Kata's - American Dialect Society menamakannya Kata Abad Duapuluh - telah menghasilkan penelitian yang cukup besar, dan sejarahnya dengan baik didokumentasikan. Seperti dijelaskan lebih rinci di bawah, jazz dimulai sebagai istilah slang Pantai Barat sekitar tahun 1912, yang berarti yang bervariasi tetapi tidak mengacu pada musik atau seks. Jazz datang berarti musik jazz di Chicago sekitar tahun 1915. Jazz dimainkan di New Orleans sebelum waktu itu, tapi tidak disebut jazz.
Jazz kata membuat salah satu penampilan yang paling awal di San Francisco bisbol menulis pada tahun 1913. "Jazz diperkenalkan ke San Francisco pada 1913 oleh William (Spike) Slattery, olahraga Call editor, dan disebarkan oleh pemimpin-band bernama Seni Hickman itu tercapai. Chicago dengan 1915 namun tidak mendengar di New York sampai setahun kemudian. "Salah satu kegunaan yang dikenal pertama dari kata jazz muncul di 3 Maret 1913, artikel bisbol di San Francisco Bulletin oleh ET "Scoop" Gleeson .

[sunting] Aliran-aliran dalam jazz

[sunting] Alat musik yang digunakan

[sunting] Pemusik jazz terkenal

[sunting] Indonesia

Rombongan jazz di jalan di Aceh (tahun 1950-1960)

[sunting] Lihat pula