Screaming Station Sosial

PENGENALAN TENTANG IDEALISM MUSIC ELEMENTER ROCK

Your IP and Google Map location

sajian MTV dari gue !

Mengenal Musik Rap/R&B


Buat Rapper sibolga tapteng Untuk mengerti sejarah dari rap, kamu harus to dua hal: Rap adalah berbicara dengan rima mengikuti ritme atau ketukan beat. Hiphop adalah budaya, jalan hidup(way of life) untuk lingkungan orang-orang yang mengidentifikasi, mencintai, dan menghargai nge-rap, nge-breakdance, nge-Deejay, dan graffiti (Kurtis Blow).
RAP
Kebanyakan buku, Acara Tv dan sejarahwan mengatakan bahwa rap di buat/ diciptakan di Bronx, tapi ini tidak sepenuhnya betul. Rap Amerika yang kita tau sekarang dimulai sekitar 1970 di Boogie Down Bronx. Untuk mengerti secara keseluruhan, kita harus kembali ke masa lampau : Dimulai di Afrika..Gospel
Mari kembali ke akarnya, di Afrika – untuk lebih spesifik- Suku-suku disana mengabadikan sejarah mereka dalam bait-bait ritmik dan nyanyian. Karena ada banyak suku-suku, banyak terdapat bahasa daerah dan suku-suku yang bahasa mereka seringnya tidak dibuang/ dilupakan. Jadi, untuk menjaga sejarah dan legenda mereka menggunakan lagu dan ritmik untuk menceritakannya. Karena pedagang budak kulit putih datang dan memisahkan mereka dari keluarga dan suku mereka.

Orang afrika asli membawa cerita dan rima mereka bersama pedagang budak eropa. Mereka (pedagang budak)tidak mengijinkan para budak bicara menggunakan ?Bahasa Ibu? (bahasa afrika asli) . Para pedagang budak itu berpikir bahwa mereka berencana untuk membuat rusuh. Walaupun mereka dirantai. Tapi mereka di perbolehkan untuk menyanyi. Ini membuat para budak bertahan hidup dan merasa lebih baik. Para budak wanita di perkosa dan sering kali hamil oleh crew (para pembantu pedagang budak). Budak wanita dijadikan bonus buat para crew. Perjalanan seperti ini bisa memakan waktu hingga sebulan. Dan bila ada sekitar 1000 budak, 600-700 yang selamat, itu adalah perjalanan yang bagus. Dan bila budak wanita hamil maka mereka akan mendapatkan harga yang lebih baik (karena ada tambahan bayi dalam kandungan budak wanita). Lalu para majikan (pemilik budak) berlaku sama untuk mendapatkan lebih banyak budak(memperkosa budak wanita hingga hamil dan anak hasil perbuatan itu di jadikan budak lagi). Mereka, para majikan bahkan memberikan tamu mereka satu atau dua wanita untuk teman tidur?
Ketika mereka menyanyi mereka bekerja lebih giat karena isi nyanyiannya adalah tentang dari mana mereka berasal dan sejarah suku-suku mereka. Waktu seelanjutnya, karena majikan bersifat lebih lunak, para budak diperbolehkan libur setiap hari minggu. Pada hari minggu tersebut, para budak pergi ke gereja dan menyanyikan lagu kebebasan. Hal ini kemudian berubah menjadi paduan suara Gospel.
Blues.
Ketika perbudakan dilarang, kulit hitam masih diburu, digantung, disiksa dan lebih buruk lagi. Waktu itu adalah masa yang sangat buram dan menyedihkan. Lagu-lagu terdengar murung dan sedih. Blues dulunya adalah cuma satu instrument dan satu vocal dengan suara yang mengayun sendu.
Jazz
Beberapa tahun kemudian, mereka mulai memadukan musik tradisional Afrika dengan instrument Eropa. Dan lahirlah apa yang disebut Jazz. Lalu Soul muncul sebagai gaya yang lebih ringan dan riang daripada R & B.
Rhythm & Blues
Ketika artis-artis Blues pindah dari pedesaan ke daerah perkotaan, musiknya terdengar lebih berat dan dengan gaya yang lebih groovy. Suara utama adalah pada rhythm. Lalu ini menjadi Rhythm And Blues (R&B), dan waktu itu merupakan satu-satunya jenis musik kulit hitam. Diketahui juga oleh audiens kulit putih pada awal tahun 50-an. Tapi masih kuat dipengaruhi oleh musisi kulit putih. Satu dari artist R&B yang terkenal jaman itu adalah Lois Jordan dengan banyak lagu hits-nya di tahun 40-an dan 50-an. Diantar Fats Domino mereka membuat lyrik yang lucu dikombinasikan dengan groove yang cepat dan dinamis. Hal itu membuat merka tersentuh auidiens kulit putih. Tapi itu bukan sebelum pertengahan tahun 50-an ketikas R&B diputar di radio dan waktu itu musiknya adalah rock & roll. R&B di kombinasikan denga elemen dari Jass, Country Blues, Boogie Woogie dan Gospel.

0 komentar:

Poskan Komentar